WHY KHADEEJA?
October 29, 2004

Lucu, sebelon hamil aku selalu kepingin anak cowo.

Gag tau yah, kebayangnya anak cowo tuh bandel, lebih aktif, dan macho. Mungkin juga karena aku punya 4 sodara cewe dan cuman 1 sodara cowo, jadi udah bosen ama wanita... hehehe.. :D

Dan mungkin juga karena 7 ponakanku cowo, cuman satu yang cewe, jadi kepingin aja punya anak cowo juga. Kebayangnya seru, kalow ngumpul semua trus pada berantem pasti rame.. wekekee... *aneh, kebayangnya ko berantem*

Niwei, eeeeehhh begitu tau diriku hamil bulan January kemaren, yang kebayang malah punya anak cewe. Dari beberapa kali mimpi gendong beibih cewe trus seneng banget ngeliatin anak cewe lagi jalan ama ibu atow bapaknya, trus juga yang kepikiran nama buat anak cewe mulu.

Yang pertama kepikiran tuh nama Zahra.
Diambil dari nama putri Rasul yaitu Fatimah Azzahra. Artinya bagus dan selain itu kepribadian Fatimah juga sebagus namanya.

Trus mulai liat-liat di internet, ternyata oh ternyata... Ko banyak banget ya yang udah pake nama ini, baik cuman 'Zahra'nya doank atowpun 'Azzahra'. Palagi di Indo, wedeeew, keknya lagi ngetrend banged yak... :D Ya udah, nama itu langsung deh kita coret dari list.. eh listnya gag ada denk, baru 1 nama itu doank.. kekeke... :D

Untuk sementara vacuum dulu kegiatan mencari nama. Baru setelah kehamilan masuk bulan ke-4, mulai deh cari-cari nama lagi. Pengen nama Islami yang artinya bagus dan gag pasaran... hihihiiy.. :D Akhirnya setelah research lagi, ketemu deh nama Khadijah. Nanya ke Mas Hendra, setuju engga dia ama nama itu kalow seandenya beibih kita beneran prempuan. Alhamdulillah dia setuju... :)

Masalahnya skarang, kalow spelling nama tsb kita pertahankan, orang sini pasti bakalan salah kaprah untuk pronouncenya. Kebayang pasti mereka bacanya 'Kha-dae-jei'. Jauh banget kan... Akhirnya terpikirkan juga cara penulisan nama Khadijah versi Australia, yaitu seperti yang skarang ini 'Khadeeja'.

Baedeweh, selaen nama anak cewe, untuk jaga-jaga kita juga udah ada nama untuk anak cowo. Siapakah itu? Rahasia ah, ntar siapa tau anak kedua atow ketiga atow keempat kita cowo, nama itu bisa kita pake... hehehe... Prinsipnya sekali lagi, artinya bagus dan bukan nama pasaran... :D

Nama Khadeeja ini emang kita ambil dari nama istri Rasulullah Saw yang pertama yaitu Siti Khadijah. Kepribadian beliow patut diacungi jempol. Amat sangat sabar dan jiwa berkorbannya gede.

Rasulullah Saw kabarnya sangat mencintai istri pertamanya ini sampai-sampai Aishah sering dibuat cemburu. Selaen itu, beliow juga termasuk salah satu dari 4 wanita pertama penghuni surga. InsyaAllah, Khadeeja kelak bisa meniru kepribadian Siti Khadijah dan InsyaAllah pula Khadeeja bisa menjadi penghuni surga... Aamiin :)

Itulah tadi sekedar cuplikan cerita latar belakang dipilihnya nama Khadeeja. Owiyah, sengaja gag kita kasih middle name sesuai kebiasaan orang bule hanya supaya kelak kalow Khadeeja udah sekolah dan ujian, dia ga bakalan kerepotan ngisi kolom bagian 'name' karena surname kita juga udah mayan panjang... kekeke.. :D

Tadinya sempet mo kasih middle name.. Dan mo kita serahkan ke para eyangnya untuk cari middle namenya. Cuman kebayang aja pasti bakalan berentet panjang, ada 4 orang terlibat hanya untuk cari 1 name... :D Ya sut, gag jadi... No middle name and it's simpler :)

Posted by: on 29 October 2004 l 01:43 pm

___________________________________________________________________

THE CAPITAL CITY - chapter 2 -
October 26, 2004


cockington green Hari ketiga di Canberra, acara jalan-jalan tetep without Mas Hendra karena beliow pagi-pagi udah cabut ke site. Hari ini acara utama ke Cockington Green. Cockington Green ini semacem miniature park of an old british village.

Ada 2 bagian di tamannya, satu bagian utama itu yang isinya bangunan-bangunan miniature british village. Trus bagian kedua yang relatif masih baru (keknya baru 4 taon belakangan ini dibangunnya) itu isinya bangunan-bangunan international yang wellknown. Borobudur juga ada tuh di situ... :)

di depan cockinton green Di sana kita gag lama, cuman 1/2 jam doank, soalnya Deeja pas belakangan nangis kenceng... Padaal udah dikasih susu ASI botolan, eh tetep we nangis.

Rikuh banged, palagi pas nangis banyak yang ngeliatin Deeja yang saat itu lagi aku gendong di dada pake baby carrier, jadi nyaris gag keliatan gitu palanya. Banyak yang nanya umurnya berapa... :D

Dari sana, kita lanjutkan perjalanan ke Australia National Museum. Nah, pas nyampe di parkiran ko si Deeja keliatan nyenyak banget.

Critanya susu ASI di botolnya dah abis, dan dia ketiduran. Mo ngebangunin juga gag tega, abis posisinya dah enak bennneeerrr... Akhirnya ya udah deh, cuman foto-foto aja di luar bangunan... hehehe.. :D

Dari National Museum, acaranya berlanjut keliling kota Canberra bentar, mo nunjukin ke Ibu aja pemandangan di sana. Trus baru deh balik ke apartment buat istirahat.

deeja ketiduranRencananya sorenya mo ke Canberra Centre lagi, cari sendal (soalnya sendalku putuuuus, gara-gara narik brake di strollernya Deeja terlalu kuat.. hwaaaaaaaa...) tapi gag jadi gara-gara kita semua ketiduran. Bangun-bangun dah jam 5... hehehe... :D

Hari keempat, acaranya cuman ke Belconnen Westfield Shopping Centre. Tadinya pengen ke Telstra Tower, cuman pas berangkat, biarpun Deeja udah disusuin, di mobil dia nangis. Kebayang aja kalow musti bawa dia ke tower, apa gag tambah kejer aja tuw nangisnya.

Ya udah, shopping centre jadi tujuan. Di sana alhamdulillah dia anteng banget aliyas bobo teruuuuus... Baru bangun menjelang pulang di parkiran. Jadilah aku nenenin dulu dia ampe dianya kenyang.

Jam 3 siang abis jemput Mas Hendra di site client-nya, kita cabut pulang ke Sydney. Sebelonnya kita mampir dulu di Regatta Point buat foto-foto.

Dalam perjalanan pulang, Deeja aga rewel. Padaal selama perjalanan udah brenti 2 kali, udah aku kasih minum ASI botolan juga 2 kali, tetep ajah dia nangis-nangis. Keknya dia stress duduk di kursinya sendiri gag ada yang peluk mopun gendong..

regatta pointNyampe rumah, dia nenen selama 1.5 jam sebelon akhirnya bobo pules selama ampir 6 jam.. Phiuh, alhamdulillah deh, paling gag aku juga bisa istirahat... :D

Baedeweh, skarang Deeja alhamdulillah emang udah mulai settled, dibandingin ama 2 minggu pertama setelah dia lahir dulu. Skarang kalow malem, tiap jam 9 aku biasain dia udah masuk kamar, udah ada di ranjangnya sendiri, lampu diredupin.

Dua hari sekali sebelon aku kasih minum terakhir, dia aku mandiin biar bobonya lebih pules. Kalow malem bangunnya cuman sekali doank. Bangun lagi pas udah pagi jam 5-an...

Dibandingin dulu, kebalik banget. Dulu emang jam dia aktif tuh dimulai jam 11 malem. Kebawa kebiasaan dia pas masih di perut. Tiap jam 11 malem mulai geraknya banyak. Kebayang aja kan teler...

Skarang emang kebalik, siang dia bobonya bentar-bentar doank, jadi aku musti kejar-kejaran waktu ama dia. Jadi bener-bener harus pintar memanfaatkan waktu biarpun cuman semenit doank.. kekeke... :D

Alhamdulillah kalow malem dia udah jadi anak manis skarang :)
Abis disusuin terakhir gag perlu ditimang-timang lama. Biasanya aku taroh di ranjangnya, aku kasih kiss night-night, trus aku tinggal keluar, balik-balik 15 menit kemudian dia udah bobo... :D

Posted by: on 26 October 2004 l 01:30 pm

___________________________________________________________________

THE CAPITAL CITY - chapter 1 -
October 24, 2004

canberra centreMaksud hati sebetulnya pengen update website ini Jumat kemaren, namun apa daya bener-bener gag ada waktu. Soalnya Jumat itu selaen ngeberesin project, trus aku musti ngeberesin paperwork buat tax return, trus juga sorenya ke Dr. Erikson, paediatrician, buat check-up 1 bulannya Deeja.

Alhamdulillah hasil check-upnya bagus... :) Berat badan Deeja udah naek lagi, Jumat kemaren persis 4 kg trus panjang badannya udah 55 cm. Kata Dr Erikson, check-up selanjutnya gag perlu ke dia lagi, cukup ke Dr Kemp ajah, our family doctor.

ama miraSkarang laporan dari jalan-jalan ke Canberranya... :)

Sebetulnya kita tadinya ga ada rencana mo ke Canberra. Trus kebetulan banget Mas Hendra lagi dapet tugas 'commissioning' salah satu site clientnya di sana selama 4 hari mulai dari hari Minggu ampe Rebo kemaren.

Ya udah deh, kita ikutan juga, aku, Deeja dan Ibu. Trus si clientnya baek banget, karena dia tau kita mo ikutan ke sana, akhirnya akomodasinya diupgrade, dikasih serviced apartment di tengah kota. Alhamdulillah, rejeki deh emang :)

Owiyah, bagusnya lagi, yang punya apartment tau kalow kita bawa beibih, jadilah di kamar disediain juga portable cot buat Deeja.

Siiiipp, jadi dia gag bobo bareng satu kasur ama kita, dengan gitu kan bapak ibunya bisa tetep pacaran... *olloooh, nafsu amat yang masih nifas... wekekee...:D*.

parliament housePerjalanan ke Canberra kali ini memakan waktu agak lama. Biasanya waktu yang kita butuhkan buat travelling ke ibukota Australia yang berjarak ±400 km dari tempat tinggal kita ini sekitar 3.5 jam, kali ini molor ampe 5 jam. Kenapa? Ya apalagi kalow bukan karena bawa beibih.

Di jalan emang kita musti brenti buat istirahat dan makan siang. Deeja tuw yang memakan waktu makan siang paling lama, sejam bow buat nenen doank. Itu nenennya bener-bener nenen, bukan sekedar nempel gitu. Mo ngelepas juga gimana, emaknya ga tega... :D

Hari pertama kita ga ngapa-ngapain karena kita baru nyampe sana pas sore. Malemnya cuman ke supermarket aja cari makan buat Sahur besoknya. Hari kedua baru deh acara jalan-jalan dimulai. Mas Hendra ga ikutan karena dia musti kerja. Jadi praktis cuman bertiga ajah, aku, Deeja dan Ibu.

war memorialHari pertama itu acaranya ketemuan ama Riyana Miranti aka Mira. Dia ini temen yang kenal lewat imel sekitar beberapa bulan yang lalu. Mira juga baru melahirkan anak pertamanya, Miko, akhir August kemaren.

Lucunya, harusnya due datenya si Miko tuh cuman beda sehari ama Deeja. Cuman Miko lahirnya 2 minggu early, dan Deeja overdue 5 hari, jadilah malah beda 3 minggu.. :D Tengkyu ya Mir udah ajakin kita keliling Canberra Centre, laen kali kalow ke Sydney kabar-kabarin yah :)

Abis makan siang, aku, Deeja ama Ibu jalan-jalan sendiri keliling kota. Pertamanya ke Parliament House dan sekitarnya, termasuk ke Burley Griffin Lake. Ini emang pertama kalinya Ibu ke Canberra, jadi tempat-tempat yang kita datengin juga yang umum buat para tourists.

Abis dari sana, tadinya mo ke Australian War Memorial. Cuman begitu nyampe sana, eeeeh Deeja nangis kenceng. Padaal udah dikasih minum ASI botolan ampe abis, eh tetep we dia nangis. Keknya dia pengen nempel ama emaknya.

Akhirnya kita cuman foto-foto aja bentar dari jarak jauh. Abis gitu langsung deh balik ke apartment, istirahat.

Laporan chapter pertamanya sekian dulu deh, soalnya Deeja kembali memanggil-manggil emaknya lagi, pengen ditemenin maen. Skarang dia udah mulai kenal deh ama benda-benda di sekitarnya, termasuk boneka Winnie The Pooh di gym matnya. Owiyah, ama Tigger juga. Yang laen suka gag diliat ama dia.. hehehe... Gag tau kenapa... :D

Laporan chapter keduanya segera menyusul... :)

Posted by: on 24 October 2004 l 04:55 pm

___________________________________________________________________


WE'RE BACK and GOOD NEWS :)

October 21, 2004

Alow aloooww... Kita udah balik niy dari jalan-jalan ke Canberra-nya :)
Nyampe rumah semalem jam 1/2 8, teler banget dah...

Ceritanya menyusul segera yah, soalnya mommynya Deeja sendiri masih sibuk ama kerjaan proyek yang harus segera dibereskan. Alhamdulillah banget deh, ada tambahan pemasukan... hihihiiiy... :D

Baedeweh, waktu di Canberra kemaren kita trima kabar gembira dari Indo... :)
Si Tiot dan Yudo yang nikah awal August kemaren, insyaAllah taon depan udah bisa menimang beibih mereka sendiri. Skarang Tiot baru masuk bulan kedua untuk kehamilannya. Mudah-mudahan semuanya lancar aja... Amin... :)

Baedeweh lagi, hari ini Deeja genap berusia sebulan loooh... Ga brasa yaaah, keknya baru kemaren dia keluar dari perut, eh skarang dah sebulan ajah... :)

Udah dulu yeeee, Deeja dah nangis-nangis lagi menta nenen.. hehehe.. :D

Posted by: on 21 October 2004 l 09:55 am

___________________________________________________________________

MARHABAN YAA RAMADHAN...
October 14, 2004

Rasullullah pada saat mengetahui bahwa esok hari akan masuk tanggal 1 Ramadhan biasanya, beliau selalu melakukan "Sujud Syukur", di dalam sujud itu beliau mengatakan:

"Puji syukur kusampaikan kepada-Mu ya Allah, karena Engkau masih memberiku umur panjang dan kesempatan untuk melaksanakan puasa pada tahun ini."

Do'a Malaikat Zibril itu adalah sbb:
"Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:
- Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orangtuanya (jika masih ada);
- Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami istri;
- Tidak berma'afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.

Maka Rasullullahpun mengatakan amiin sebanyak 3 kali.

---------------------------------------------

Kita berdua ingin mengucapkan mohon maaf lahir batin menjelang bulan suci Ramadhan ini. Insya Allah selama bulan Ramadhan ini makin banyak kebaikan dan kebajikan menghampiri kita semua... Amin Amin Ya Rabbal 'Alamiin...

Special note:
Deeja juga mo ucapin makasih banyak buat Auntie Miya and Unca Dom from Wycombe buat kado teddy bearnya yang ditrima siang ini... :) It was really.. really a surprise for us :)

Thanks again Auntie Miya and Unca Dom... :)

 

Posted by: on 14 October 2004 l 04:46 pm

___________________________________________________________________

DEEJA GOING SHOPPING...
October 10, 2004

di targetWiken ini Deeja akhirnya going shopping... Sebetulnya dari kemaren-kemaren aku pengen banget ajakin dia keluar, cuman mobilnya gag cukup karena masih banyak tamu di rumah. Cobaaaa aja ini di Indo, kamu udah dari dulu-dulu dipangku nak... kekeke... :D Ya gpp deh, akhirnya hari Minggu ini kesempatan Deeja untuk outing ada juga... :)

Outingnya bertiga ama aku dan Mas Hendra... Tujuannya yang deket-deket dulu ajah, ke Erina Fair, mall di sini, jalan-jalan sekaligus grocery shopping juga. Kenapa dipilih shopping centre? Soalnya kalow ada apa-apa, ada parents roomnya... Jadi gag heboh gitu loooh... Mo ganti nappy atow nyusuin Deeja, bisa langsung ke parents room.

Udah sering denger sih saran dari temen-temen yang pada punya anak, pokonya kalow mo bepergian ama anak trutama yang masih bayi, persiapannya at least sejam sebelonnya. Apalagi di sini kan gag ada yang namanya baby sitter mopun pembantu, jadi semua musti ditackle sendiri.

Jadi ya gitu deh, rencananya emang abis Dhuhur kita berangkat. Sejak jam 11-an kita udah siap-siap. Begitu dia slese aku kasih nenen dan Mas Hendra slese sholat, berangkat deh kita. Eh gag juga denk, begitu keluar garasi, ngobrol-ngobrol dulu ama tetangga samping dan depan, pas mereka lagi ngeliat kita mo pergi, sekalian pengen liat si Deeja.

on the way to erina fairNyampe sana, dengan sukacitanya kita langsung ambil parkiran di tempat 'Parents with Pram'.. hehehe... Akhirnya ada privilege juga untuk parkir di situ yak.. Dari dulu tuh, sejak aku hamil, udah sering aku bilang ke Mas Hendra... 'Mas ntar kalow anak kita udah lahir, kita bisa parkir di situ yah'.. hehehe.. Kesampean deh kesampeaaaaan... *maap aga norak dikit... kekeke...*

Oiyah, pas di mobil si Deeja mah langsung bobo. Dia keknya seneng gitu berasa diayun-ayun.. Palagi dalam keadaan kenyang ye.. hehehe.. :D Nyampe Erina fair, kita ke Target dulu, liat-liat keperluan buat Deeja, salah satunya nappies dan head support, buat penahan kepala dia di stroller mopun car seat, supaya leher dia gag terlalu jatoh karena saat ini kan lehernya blon kuat tuuuw.

di erina fairDari Target, baru deh kita belanja di Woolies. Nah Deeja mulei deh laper... Nangis... Bingunglah kita. Mo bertahan belanja atow ke parents room... Tadinya mo bertahan belanja, tapi gag enak juga. Sebetulnya dia nangisnya gag kenceng, ya nangis-nangis baby lah. Cuman tetep aja kita masih rikuh.. hihihiiy... :D

Akhirnya acara belanja diteruskan ama Mas Hendra berbekal catetan dariku, sedangkan aku langsung bawa Deeja ke Parents Room.

Asli baru pertama kali itulah aku masuk ke parents room. Ternyata nyaman dan mayan lengkap juga. Ada ruang khusus buat gantiin nappies, ada ruangan ke dalem yang ada toiletnya. Ada sofa-sofa buat kasih nenen, ada microwave juga kali-kali aja buat manasin makanan atowpun botol susu baby.

Untungnya tadi di parents room pas gag ada orang, jadi acara nenenin Deeja bisa leluasa deh. Gag lama gitu Mas Hendra nyusul masuk ke sana. Dia bantuin nge-burp-in Deeja. Setelah kira-kira sejam, baru deh acara jalan-jalan dilanjutkan.

Ya gitu deh crita Deeja going shoppingnya... Kesannya... Bawa baby ternyata emang repot tapi menyenangkan... :) Satu pengalaman baru tentunya. Pengalaman yang selama ini cuman bisa kita liat dan denger dari orang laen ajah, sekarang bisa kita rasain sendiri... :)

Posted by: on 10 October 2004 l 06:14 pm

___________________________________________________________________

A Q I Q A H ...
October 6, 2004

potong rambutHari Sabtu, tanggal 2 October 2004 kemaren, di rumah diadakan acara Aqiqah-annya Khadeeja. Pemotongan kambing kita serahkan ama pihak halal butchery 'TJ Muamallah' di Sydney. Jadi hari Jumatnya kita cuman tinggal ambil potongan dagingnya doank dan dimasak malem itu juga buat besoknya.

Aku sih cuman ikutan bantuin bentar, sisanya aku pasrahin ama Ibu dan Mama.. hehehe.. Enaknya ada bala bantuan... :D

Hari Sabtu itu, biarpun banyak banget tamu berdatangan, si Deeja mah cuek sajah, bobo mulu tuh kerjaannya... Emang sih sebelon acara, dia udah aku kasih nenen. Jadi begitu tamu pada dateng, dianya udah pingsan.

Pas acara pemotongan rambutpun, dia tetep ajah pingsan... Heran deeeeeh, padaal hingar bingar tuw sekelilingnya... Baru bangun menjelang Ashar, itupun karena dia mulei klaperan, dan udah ampir 4 jam dia bobo. Mau gag mau dia musti bangun supaya gag kelewat waktu feedingnya...

keluarga nugrahaTrus abis disusuin, sengaja ga aku timang-timang buat bobo, biar para tamu bisa ketemuan ama dia saat dia lagi bangun. Abisnya banyak banget yang pengen liat Deeja lagi melek, trutama setelah ada promosi 'kalow melek dia keliatan banget kek bapaknya'.

Eh gag ngefek tuuuuw, pas aku bawa keluar kamar, mulai deh gejala pingsannya nampak. Dan ga lama kemudian, ya pingsan lagi... wehehehe :D

Apart from the pingsan story, Alhamdulillah acara Sabtu kemaren berlangsung dengan lancar :)

Trus Slasa kemaren ini, tanggal 5 October, kita kedatengan salah satu nurse dari klinik keluarga di daerah tempat tinggal kita.

Emang udah rutin di Australia ini, sekitar 1-2 minggu setelah newborn lahir, bakalan ada nurse yang datengin rumah kita buat melakukan segala macem check-up mulai dari nimbang badan, ngukur panjang, trus konsultasi macem-macem, mulai dari breastfeeding, settling down, sleeping, dan semua concerns yang kita punya boleh ditanyain ke mereka ini.

Ya syukur deh, kemaren semua uneg-uneg aku tanyain aja, mulai dari sleeping pattern, trus concernku soal poo-nya Deeja yang Alhamdulillah ternyata normal untuk breastfed baby (maklum aje gag pernah punya baby sih sebelonnya.. ) Dan Deeja ternyata udah nambah loh berat badannya, sekitar 275 gram sejak dia ninggalin hospital.

Trus ama nursenya juga dikasih tips soal bawa baby pas travelling, soalnya InsyaAllah 2 minggu lagi kita mo ke Canberra beberapa hari. Pokonya kemaren tuh bener-bener helpful deh ada nursenya itu. Dan enaknya lagi, service kek gini ini gratis... :)

Posted by: on 6 October 2004 l 06:22 pm

___________________________________________________________________

 

resep nugraha dot net gallery keluarga nugraha
 
 
designed by astri nugraha design studio
© 2003-2010 keluarganugraha.net. All rights reserved